PERKEMBANGAN INDUSTRI HALAL DI INDONESIA

  • Sri Kasnelly .
Keywords: Industri Halal, Indonesia

Abstract

Familiar permasalahan halal dan haramnya suatu produk. Mengkonsumsi makanan atau produk yang tidak memiliki kejelasan terkait halal tentu dilarang,
namun saat ini akan diragukan bila dalam suatu produk tidak dapat menemukan logo halalnya. Dan biasanya baik umat Muslim ataupun umat beragama lain pun akan cenderung memilih produk-produk yang telah memiliki kejelasan halal,
karena lebih terjamin ketika akan mengkonsumsinya. Akibat kecenderungan perilaku tersebutlah industri halal saat ini tidak hanya terbatas pada makanan dan minuman saja, melainkan pariwisata, fashion, dan sebagainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi perkembangan industri halal di Indonesia saat ini.
Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif yang ditunjang oleh data-data relevan yang telah didapatkan dari berbagai laman resmi ataupun laman
terpercaya lainnya. Hasil penelitian menunjukkan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia berhasil menempati posisi ke-4 dunia dengan menjadi konsumen
terbesar pada sektor konsumsi produk halal. Melihat semakin meningkatnya kontribusi dan pangsa pasar industri halal di Indonesia, pemerintah pun melihat
hal ini sebagai peluang bagi perekonomian bangsa. Saat ini pemerintah senantiasa berusaha mendukung industri halal di Indonesia dengan berbagai upaya, salah satunya melalui penerapan kebijakan sertifikasi halal.

Published
2023-06-22
How to Cite
., S. K. (2023). PERKEMBANGAN INDUSTRI HALAL DI INDONESIA. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 13(1). https://doi.org/10.54459/aktualita.v13i1.524