PERAN KONSELOR DALAM MELAKSANAKAN KOMUNIKASI DUKUNGAN PSIKOLOGIS AWAL (DPA) TERHADAP PENYINTAS NARKOBA DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL (LKS)

  • Uus Mardiana Safithri, Iffa Masithah Y

Abstract

Lembaga Kesejahteraan Sosial Yayasan Al-Khairat Kuala Tungkal memiliki konselor yang berperan penting dalam program penyembuhan pecandu narkoba. Komunikasi yang disampaikan konselor sangat berpengaruh bagi penyintas, komunikasi dibutuhkan untuk menciptakan hubungan antara konselor dan penyintas untuk mengenal kebutuhan penyintas dan untuk menentukan rencana tindak lanjut  dan kerjasama diantara keduanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran, kendala dan upaya peran Konselor dalam melaksanakan komunikasi Dukungan Psikoliogis Awal (DPA)  terhadap penyintas narkoba di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Kuala Tungkal. Penelitian ini mengunggakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pesan konselor sangat penting dalam membantu penyembuhan penyitas narkoba di lembaga kesejahteraan sosial dengan melakukan pendekatan persuasif kepada penyitas, kenadala yang dihadapi adalah para peyitas banyak menggunakan bahasa daerah yang mengakibatkan konselor sulit untuk melakukan komunikasi. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala tersebut adalah dengan melibatkan anggota keluarga, teman terdekat dalam memabantu berkomunikasi dan memberikan motivasi dalam melakukan bimbingan konseling kepada penyitas narkoba melalui pendekatan keagamaan.

Published
2023-12-10
How to Cite
Iffa Masithah Y, U. M. S. (2023). PERAN KONSELOR DALAM MELAKSANAKAN KOMUNIKASI DUKUNGAN PSIKOLOGIS AWAL (DPA) TERHADAP PENYINTAS NARKOBA DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL (LKS). At-Tadabbur : Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 13(II). Retrieved from http://www.ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/Attadabbur/article/view/573
Section
Articles